4 Fakta Pertemuan Surya Paloh dan Presiden Jokowi di Istana Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh diberitakan berjumpa dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

Pertemuan Surya Paloh dan Jokowi berlangsung dikala isu reshuffle kabinet santer beredar. Seperti apa fakta-fakta pertemuan keduanya?

 

1. Dibongkar Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto

Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh ialah kunjungan memuaskan rindu. Dia menambahkan kedua pihak itu sudah tiga bulan akhir-akhir ini tak ada berkomunikasi.

“Sekali lagi, dua tokoh yang kangen-kangenan,” katanya yang mengaku sempat bertanya ke Surya Paloh dikala ditemui di Pendopo Anies Baswedan, Jakarta. Pada Kamis, 27 Januari 2023.

Pertemuan antar Surya Paloh dan Jokowi ini ramai menjadi perbincangan publik. Sugeng memberi tahu pertemuan yang berlangsung lebih dari satu jam itu sebagai pertemuan hubungan kakak adik.

Sugeng, yang mengklaim kerap menemani Surya Paloh setiap berjumpa Jokowi, tak banyak membongkar maksud dari kunjungan itu. Namun dia menduga, tujuan pertemuan ini berkeinginan membangun kebersamaan.

“Aku tahu persis, saya kebetulan kerap menemani Pak Surya menemani Pak Jokowi berjumpa membicarakan tentang bangsa dan beragam tantangan,” dalam pengakuannya.

Dia pun mengatakan topik pembicaraan pertemuan tak lepas membincangkan situasi sulit ekonomi, sosial kultur di Indonesia. Pertemuan seperti ini, kata dia, seharusnya diikuti oleh tokoh-tokoh besar Indonesia lainnya.

“Alangkah eloknya, alangkah bagusnya, saling membahas situasi sulit-situasi sulit bangsa bersama,” ujarnya.

2. Info yang dibahas

Sugeng tak menampik jikalau ada kemungkinan menyinggung Pemilu 2024. Topik pembicaraan pertemuan tak lepas membincangkan situasi sulit ekonomi, sosial kultur di Indonesia.

“Betul juga dalam waktu dekat ini kita akan masuk prosesi besar pemilu, umpamanya memerlukan kondisivitas yang bagus dan itu yang dibahas oleh Pak Surya. Tak secara eksplisit ya, sekali lagi saya tak mengorek lebih jauh. Dia biarkan menjadi informatif,” kata Sugeng.

Dia menekankan pertemuan kedua tokoh untuk membangun kebersamaan, tentang bagaimana menghadapi tantangan-tantangan yang tak mudah.

“Jadi sekali lagi yang ditekankan, saya ketemu dengan beliau (Surya Paloh), yah kita membangun kebersamaan, bagaimana menghadapi tantangan-tantangan yang tak mudah dari segala itu,” katanya.

3. Pusat oleh pihak Istana

Pihak Istana membenarkan adanya pertemuan antara Jokowi dan Surya Paloh di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis petang, 26 Januari 2022.

Pertemuan digelar di tengah bergulirnya isu kocok ulang alias reshuffle kabinet Jokowi yang menyasar menteri NasDem.

“Betul ada pertemuan hal yang demikian kemarin petang,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin terhadap wartawan, Jumat, 27 Januari 2023.

4. Desakan reshuffle

Sebelumnya, desakan reshuffle juga dikenalkan sejumlah politikus PDIP terhadap menteri dari Partai NasDem. Ketua Dewan Pimpinan Menurut PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan masukan mengevaluasi dua menteri NasDem, ialah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar tak cuma didasarkan pada performanya.

Usai dia, asal partai menteri hal yang demikian juga mempengaruhi masukan reshuffle. Syahrul dan Siti berasal dari Partai NasDem. Seandainya mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024, desakan terhadap partai untuk keluar dari koalisi pendorong Jokowi menguat, salah satunya dari PDIP.

“Satu performanya, dua termasuk partainya. Pusat memang gentle betul sudah seperti itu, akan lebih bagus untuk menteri-menterinya mengundurkan diri,” kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta Menurut.

By Bacok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *